0

Kenapa Sering 'Bad Mood'?




Kita pasti sangat sering mengalami atau merasakan yang namanya bad mood. Apalagi wanita, mudah sekali bagi seorang wanita terserang kondisi seperti itu. Wanita memang salah satu makhluk Tuhan yang sering mengalami hal yang namanyabad mood, kenapa? Mungkin karena wanita lebih main perasaan dibanding pria yang lebih mengandalkan logika nya. Wajar jika kadar emosional wanita sangat dipengaruhi oleh mood. Mood atau suasana hati yang tiba-tiba memburuk seringkali mengganggu aktivitas kita tentunya. Biasanya orang-orang terdekat pun bisa menjadi imbas buruknya mood kita. Memang sangat susah menjaga kestabilan mood yang selalu berubah-ubah, apalagi pada wanita.

Kira-kira apa sih faktor-faktor yang menyebabkan mood yang berubah-ubah ini? Karena penasaran, aku mencoba browsing tentang berbagai macam faktor penyebabmood yang berubah-ubah dan memberi pengaruh buruk terhadap suasana hati kita. Ok, kali ini aku akan mencoba merangkumnya melalui beberapa hal dibawah ini:

1. Kemerosotan energi

Sebagian besar dari suasana hati kita bergantung pada 3 faktor fisik yaitu: tidur, olahraga dan kegiatan sehari-hari. Energi sangat berpengaruh dengan suasana hati kita. Ketika kita kelelahan maka akan sangat mendorong buruknya suasana hati ataumood. Semakin rendah energi, maka suasana hati juga akan bertambah buruk. Hmm, jadi kita harus tetap menjaga kondisi energi kita dengan mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga dengan rutin, dan juga waktu tidur yang cukup agar tubuh kita selalu fresh dan suasana hati pun tidak mudah memburuk.

2. Pengaruh pikiran negatif

Pikirian-pikiran negatif memang sangat mempengaruhi dan mengganggu suasana hati kita. Hal ini kadang membuat kita tiba-tiba marah atau cepat marah dan perasaan yang ngga jelas seperti rasa takut, cemas, dan lain-lain. Menghindari hal-hal negatif adalah salah satu cara agar mood kita tidak mudah terpengaruh oleh pikiran negatif. Mungkin juga bisa dengan cara menghindari orang-orang yang membawa pengaruh negatif pada kita. Menghindar bukan berarti kita harus selalu menjauh, tapi lebih ke menjaga jarak saja. Tetap berkomunikasi dengan baik namun tidak perlu secara intens, hanya sekedarnya saja.

3. Pengaruh makanan

Mood yang tiba-tiba memburuk ternyata juga dapat dipengaruhi karena mengkonsumsi makanan yang salah. Beberapa makanan yang mampu membuat mood kita buruk antara lain:

- Soda. Minuman  soda akan diubah menjadi lemak dalam tubuh kita dan membuatmood kita memburuk ketika gulanya mulai memasuki alirah darah. Namun ada solusi agar minuman soda tidak membuat mood kita buruk yaitu dengan menambahkan jus buah-buahan ke dalam soda. Sebaiknya juga jangan terlalu sering minum soda.

- Margarin. Margarin mengandung lemak yang berbahaya dan omega-6 tinggi yang mampu menurunkan mood serta menurunkan kadar insulin. Untuk menghindarinya, sebaiknya gunakan butter yang terbuat dari susu sapi karena butter mengandung lemak anti-kanker yang juga mampu menurunkan resiko serangan jantung.

- Keripik kentang. Cemilan favorit banyak orang ini ternyata mengandung karsinogen acrylamide yang menyebabkan kanker. Makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-6 yang mampu menurunkan mood kita.

4. Bad mood ciptaan sendiri

Bad mood ciptaan sendiri biasanya muncul karena hal-hal kecil atau sepele yang membuat kita kecewa atau bisa juga merasa menyesal. Misal, terlambat 10 menit,handphone ketinggalan, jalanan macet, dan sebagainya. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh bagi suasana hati kita, karena terlambat 10 menit terkadang kita merasa sangat menyesal dan menganggap diri kita bodoh atau ceroboh sehingga memunculkan pikiran-pikiran negatif dan membuat mood kita sangat buruk.

Nah, itulah hasil rangkuman tentang empat hal yang mempengaruhi buruknya mood kita. Cara yang paling tepat untuk mengatasinya dengan mengurangi empat hal di atas untuk mencegah mood yang memburuk dan sangat mengganggu dalam melakukan berbagai aktivitas. Good Luck !​



(Azka Maulidah S)

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Us!

Suka dengan artikel-artikel yg ada disini? Silahkan berlangganan! Masuk ke E-Mail untuk mendapat artikel ter-up to date dari Wall Info!

Back to Top