0

3 Kota Sepeda



Gadis Aksi

Ada banyak cara untuk mencegah pemanasan global, salah satunya dengan mengurangi polusi udara. Pilihan menggunakan sepeda memiliki banyak keuntungan seperti mengehemat bahan bakar, mengurangi polusi udara dan tentu ramah lingkungan. Negara-negara ini memiliki fasilitas dan jalur khusus untuk pengguna sepeda, lho.

Amsterdam, Belanda
Buat pecinta sepeda, negara ini merupakan surga bagi pengendara sepeda. Jadi jangan heran kalau main ke kota ini orang-orang banyak berkeliaran pakai sepeda. Dari sekitar 730.000 jumlah penduduknya, 600.000 orang memiliki sepeda.  Mulai dari yang tua, muda, sampai orang-orang yang memakai jas dan dasi pun nggak segan buat naik kendaraan tanpa mesin ini. Selain keseriusan pemerintah mewujudkan kota yang bebas polusi, budaya ini sekaligus melambangkan Amsterdam sebagai kota yang peduli terhadap lingkungan.

Barcelona, Spanyol
Selain terkenal memiliki jalur khusus bagi pengguna sepeda, Spanyol juga terkenal dengan layanan penyewaan sepedanya. Barcelona’s Bicing Program adalah salah satu sistem penyewaan sepeda yang ada di Spanyol. Penyewa yang terdaftar akan dapat kartu yang bisa dipakai untuk menyewa di 100 pos yang tersebar di Bacelona. Di Spanyol juga ada program yang mendukung budaya bersepeda seperti car free day, festival of the bicycle dan bike week program. Cara seperti tentu bisa bikin kota bebas dari polusi udara dan tentu membantu menyelamatkan bumi dari pemanasan global.

Berlin, Jerman
Kota ini sudah punya 80 kilometer jalur khusus untuk sepeda. Selain membuat fasilitas untuk para pengendara sepeda, pemerintah juga membuat situs online yang memuat rute-rute bersepeda. Fasilitas lain yang bikin happy adalah sepeda bisa dibawa ke dalam kereta api ataupun bis. LRD - sumber: Gadis.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Us!

Suka dengan artikel-artikel yg ada disini? Silahkan berlangganan! Masuk ke E-Mail untuk mendapat artikel ter-up to date dari Wall Info!

Back to Top