0

3 Cara Belajar yang Ternyata Nggak Efektif

Di sekolah, kita disuruh buat belajar, tapi kita nggak pernah diajarin gimana cara belajar yang benar, kan? Pokoknya yang penting kita ngerti materi yang diajarin.
Karena itu, banyak dari kita yang punya kebiasaan belajar yang buruk. Kita juga suka pakai cara belajar yang kata orang-orang, sih, efektif. Padahal, riset nunjukin sebaliknya.
Melihat studi yang dipimpin oleh John Dunlosky, dkk tahun 2013 dari Kent State University, penelitian terhadap 10 cara belajar umum ternyata menunjukkan ada 3 cara belajar yang banyak kita terapkan, tapi ternyata itu sangat nggak efektif. Apa aja, sih, 3 cara belajar itu?

1. Membaca Ulang


Membaca suatu catatan, bab, atau artikel lebih dari sekali. Keyakinannya, setelah kita ngebaca ulang materi yang diajarkan, kita bakal ngerti konsep dari materi yang kita baca. 

Terus, kenapa cara ini nggak bekerja dengan baik?

Pengaruh dari membaca ulang ini terbukti dengan bisanya kita mengingat suatu materi, tapi dalam pemahaman kurang jelas. Walaupun membaca ulang butuh waktu yang lebih sedikit dari cara belajar yang lain, tapi ternyata membaca ulang jauh lebih kurang efektif. Cara ini adalah cara malas yang hanya membantu sedikit.

2. Menggarisbawahi


Banyak dari kita yang memakai cara ini karena emang gampang, nggak perlu waktu banyak, nggak perlu latihan.

Tapi sebenarnya ini ngebantu kita belajar nggak, sih? 

Ternyata, cara menggarisbawahi ini mempunyai kegunaan yang rendah, lho. Ini bisa aja ngebantu sedikit. Tetapi buat materi sulit, ini bisa nurunin kinerja belajar kita pada materi-materi yang ngebutuhin kesimpulan. 

Dengan kata lain, sebagian besar dari kita memakai cara ini karena gampang dan ada keyakinan kalau cara ini bakal ngebantu. Tetapi, riset menunjukkan sebaliknya! Cara ini nggak efektif.

3. Meringkas


Meringkas, kita nulis catatan singkat tentang materi yang baru kita baca. Ringkasan yang baik bisa menunjukkan poin utama dari materi yang kita pelajarin, plus memahami inti materi itu. 

Terus, kenapa nggak efektif?

Meringkas mempunyai kegunaan yang rendah. Cara ini bisa jadi cara yang sangat efektif bagi kita yang sudah terampil dalam meringkas. Masalahnya, kebanyakan dari kita butuh pelatihan yang ekstensif buat cara ini, oleh karena itu cara ini kurang layak. 

Nah, kebanyakan dari kita nggak tau cara yang benar buat meringkas. Dan saat kita belajar bagaimana melakukannya, cara ini nggak membantu pada materi yang seharusnya kita mengerti.


Jadi, cara belajar mana dong, yang efektif?

Cara belajar yang efektif yaitu praktek dan mempelajari secara rata materi yang diajarin dalam satu semester. Dua cara itu bakal gunain waktu yang sangat efektif, dan sangat bagus buat sel-sel otak kita! 

Dan terakhir, inget ya, belajar sambil ngelakuin hal-hal lain (seperti ngobrol dan nonton TV) itu nggak bakal ngebantu. Belajar butuh fokus dan bebas dari gangguan apapun, biar efektif.

Sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe Us!

Suka dengan artikel-artikel yg ada disini? Silahkan berlangganan! Masuk ke E-Mail untuk mendapat artikel ter-up to date dari Wall Info!

Back to Top